Minggu, 13 Juni 2010

BAG III. Variabel-variabel SEM

Variabel adalah karakteristik unit amatan yang menjadi perhatian yang nilainya dimungkinkan bervariasi antar satu unit amatan dengan unit amatan lainnya. Terdapat dua jenis variabel dalam SEM yaitu Variabel Laten (Latent Variable) dan Variabel Teramati (Observed atau Measured atau Manifest Variable).


a. Variabel Laten (Latent Variable)
Dalam SEM, variabel kunci yang menjadi perhatian adalah variabel laten (latent variable) atau konstruk laten. Variabel laten merupakan konsep abstrak yang menjadi perhatian yang diamati secara tidak langsung melalui efeknya pada variabel-variabel teramati, sebagai contoh: perilaku, sikap, perasaan dan motivasi. SEM mempunyai 2 jenis variabel laten yaitu eksogen dan endogen. Variabel eksogen selalu muncul sebagai variabel bebas pada semua persamaan yang ada dalam model, sedangkan variabel endogen merupakan variabel terikat pada paling sedikit satu persamaam dalam model, meskipun di semua persamaan sisanya variabel tersebut merupakan variabel bebas.

b. Variabel Teramati (Observed atau Measured atau Manifest Variable)
Variabel teramati (atau disingkat MV) adalah variabel yang dapat diamati atau dapat diukur secara empiris dan sering disebut sebagai indikator. Variabel teramati merupakan efek atau ukuran dari variabel laten.
Berdasarkan bulat atau tidaknya nilai yang diperoleh, variabel dapat dibedakan menjadi variabel kontiniu dan variabel diskrit. Variabel kontiniu adalah variabel yang besarannya dapat menempati semua nilai yang ada diantara 2 titik. Pada variabel kontiniu terdapatnilai pecahan ataupun nilai yang bulat. Sedangkan variabel diskrit adalah variabel yang besarannya tidak dapat menempati semua nilai. Nilai variabel diskrit selalu berupa bilangan bulat. Pada umumnya variabel diskrit diperoleh melaui pencacahan.

1 komentar: